Halaman

Jumat, 14 November 2008

Credit Marketing Officer

CMO kepanjangan dari Credit Marketing Officer itulah nama sebuah jabatan saya dulu di tahun 2001 di sebuah Perusahaan Leasing terkenal di Indonesia......yach...saya menduduki jabaan tersebut selama 3 tahun, yang tugasnya menyurvey kelayakan seseorang atau perusahaan yang akan mengambil kredit kendaraan bermotor, kebetulan saya di devisi motor baru. Modal kita harus punya motor untuk survey, tidak ada jam kerja yang pasti karena calon nasabah bisa disurveynya malam hari atau hari minggu yang harusnya istirahat...yach...gimana lagi yak..kao gak disurvey...gak dapet insentif dari hasil survey kita dong....

Sebenernya jadi CMO itu ada enaknya dan ada gak enaknya....enaknya...waktu kita bisa atur makanya tadi saya bilang tidak ada jam kerja yang pasti karena siangnya kalo gak ada surveyan kita bisa tidur siang yang penting besok paginya ada aplikasi yang harus dilaporkan ke atasan kita dan akhir bulan masuk target penjualan, enaknya lagi...dulu waktu jaman saya jadi CMO ada 5 penghasilan kita...

1.Uang dari Nasabah (kalo survey biasanya pulangnya suka dikasih amplop, yang tentunya isinya uang atau kadang ada juga rokok,makan gratis dll),

2.Uang dari OD an (Order Dewek) maksud OD an disini adalah, biasanya calon kreditor/nasabah ini kita kenal dan dia gak mau cape-cape ke dealer taunya ada motor baru aja dirumahnya dan semuanya diurus sama CMO...nah disinilah keuntungannya untung dari subsidi yang tidak semuanya diberikan oleh Dealer ke pembeli (biasanya ada diskon kredit dari dealer) dan untung dari Dealernya yang memberikan tips karena motornya sudah laku, biasanya 1 unit dari OD an ini bisa mendapatkan minimal 300 ribu s/d 1 Jt tergantung pinter-pinternya CMO tersebut.

3. Uang dari Insentif, nah insentif disini waktu jaman saya dulu dan diperusahan saya yang dulu diberikan 3 bulan kemudian dan sampai sekarang pun kayaknya masih perhitungan insentifnya misalnya 25 - 30 unit dapet insentifnya dikalikan 40 rb, dan >31 dikalikan 30 ribu....

4. Uang dari Dealer, nah disini kadang ada dealer yang ngasih kadang enggak, gak semua dealer ngasih uang per aplkasi yang disetujui biasanya peraplikasi beragam tergantung dealernya berkisar dari 20 ribu sampai 50 rb

5. Uang dari Gaji, kalo ini kadang bagi CMO gak seberapa dibandingkan dari 4 diatas.......kalo ini sih buat tabungan aja...

Nah kalo yang gak enaknya adalah kalo ada nasabah yang kita approve gak bayar angsuran atau nasabahnya lari kitanya cape juga bantuin bagian kolektor.
Ada 2 kategori survey: Survey Sial dan Survey Konyol
Suvey Sial, Cmo sudah capek-capek survey dan kelihatanya konsumen bagus tapi ternyata cmo dibohongi abis sama calon nasabah akhirnya timbul kredit macet.
Survey Konyol, kalau ini memang cmonya brengsek, survey asal-asalan dan tidak memikirkan kelanjutannya kadang data dipalsukan oleh cmo yang penting prinsipnya masuk target..inilah yang tidak disarankan oleh saya

Dah ach....sementara gitu dulu ulasan tentang CMO sampai ketemu di level berikutnya yaitu Marketing Head


22 komentar:

  1. thx bro artikelnya.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. mantaph gan ceritanya... di tunggu kelanjutannya.. ehehehe\

    BalasHapus
  3. pertamx gan infonya... kebetulan saya mau terjun ke bidang CMO...

    BalasHapus
  4. mas mau tanya bedanya CMO sama AO itu apa yah?, Trima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sama mas, tergantung penamaan di perusahan tersebut, tapi kalau cmo itu adalah istilah AO di perusahaan leasing

      Hapus
  5. Thx infonya gan, sya mau dftr CMO jd harus tau dlu apa kerjaanya.....

    BalasHapus
  6. Asal beres,,, lanjudkan....!!!

    BalasHapus
  7. Makasih infonya gan...ini sangat membantu memahami dulu CMO itu apa.
    Sekarang Masnya masih di CMO...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya saya merangkak dari cmo kemudian naik jabatan terus hinga terakhir menjadi kepala cabang, tapi saya sekarang sudah tidak berkecimpung di dunia leasing lagi,

      Hapus
  8. Makasih gan, atas info'a membantu sekali..,hehehe

    BalasHapus
  9. klo dengan Marketing Officer apa bedanya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sama mas, tergantung penamaan di perusahaan tersebut, tapi kalau cmo itu adalah istilah marketing officer di perusahaan leasing

      Hapus
  10. gan, ane dpt panggilan kerja di pt suzuki finance sbg CMO.. akhirnya ane dtg tuh jadwwal interview lalu di terima tp ane mnta wktu 2 hari tuk berpikir krn ijasah di tahan... yg mw tanyakan apa kah prospek di pt suzuki finance itu bagus apa gak,, coz ane kurang paham dg system cmo,, yg disuruh market jg begitu pun survey,, ane blh mnt no hp ente,, harap sms k no ane 085719191523 trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente jdnya ngambil g tu cmo disuzuki nya gan?yg ditahan bisa slain ijasah g tu gan?

      Hapus
    2. telp ke Dedennya aja masbro, 08567031501

      Hapus
  11. Mas maksud poin nomer dua apa ya? Lalu solusi yg biasa mas lakuin menghadapi si suvey sial itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ini adalah nasabah atau calon nasabah atau teman atau orang lain yang gak mau capek datang ke dealer motor/mobil, nah ini kita bantu urus dari proses sampai terima barangnya atau motor atau mobil. Untuk menghadapi survey sial agar segera koordinasi dengan kolektor untuk dilakukan pengamanan barang atau motor atau mobil dari nasabah nakal tersebut jangan sampai baddeb hingga merugikan perusahaan

      Hapus
    2. mas mau tanya nih klo cmo tu rata2 cowok ya? cewek bisa gk jdi cmo? thanks,,

      Hapus
  12. Ternyata gitu ya...sistem kerja sebagai CMO, ada bagus dan g' nya juga :)
    makasih ya..infonyaaaa

    BalasHapus
  13. "dahulukan karir" itu kata atasan saya,.
    jaman sekarang karir beakangan,. jadi cmo tuh asik, apalagi kalo yang lagi kuliah kerjanya,. gampang atur waktu,. duitnya banyak di jalanan,. betul betul betul,., hehehe

    BalasHapus
  14. Mantap gan , makasih infonya ,,ane baru mw terjun ke CMO nih...

    BalasHapus
  15. sy ada pengalaman pinjam dana dari leasing dimana saya menerima dana pinjaman nominalnya yang tidak sesuai dg hutang pokok (mark up hutang pokok). apakah mco atau surveyor yang bertanggung jawab klo masalah spti ini?

    BalasHapus