Halaman

Kamis, 16 Desember 2010

Tips Berpidato atau Tampil di Depan Umum

Gugup ketika tampil di depan umum memang biasa terjadi. Ini merupakan ekspresi dari kecemasan atau ketakutan. Rasa takut/cemas merupakan salah satu bentuk suatu keadaan naluri untuk mempertahankan diri.

Tip yang dapat di lakukan :
1. Persiapkan materi dengan sebaik-baiknya. Dalam hal ini harus harus mampu mengusai materi yang akan di sampaikan. Maka persiapan adalah sangat penting dilakukan.
2. Pelajari materi yang akan di sampaikan dengan teliti dan hati-hati. Persiapan alat bantu jika memang diperlukan.
3. Datanglah ke tempat acara lebih awal. Waktu yang terlalu mepet atau bahkan terlambat akan membuat lebih gugup.
4. Berdoalah sebelum menyampaikan meteri di depan audiens, agar lidah tidak kelu dan lancar dalam menyampaikan. Ada sebuah doa yang dapat di amalkan :

Q.S.20. [ طه] Thaahaa (THAAHAA)

qaala rabbi isyrah lii shadrii
25. Berkata Musa: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku [915],
[915] Nabi Musa a.s. memohon kepada Allah agar dadanya dilapangkan untuk menghadapi Fir'aun yang terkenal sebagai seorang raja yang kejam.
wayassir lii amrii
26. dan mudahkanlah untukku urusanku,
wauhlul 'uqdatan min lisaanii
27. dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku,
yafqahuu qawlii
28. supaya mereka mengerti perkataanku,

5. Kenali audien yang akan hadir dalam acara. Dengan mengenal terlebih dahulu siapa saja yang akan hdir, anda akan lebih siap.
6. Yakinlah bahwa anda menyampaikan sesuatu yang lebih menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak menyampaikan contoh atau fakta yang sedang terjadi disesuaikan dengan keadaan audiens.
7. Sering melakukan latihan. Misalnya dengan latihan berbicara di depan cermin. Hal ini akan membantu untuk mengeri apa yang akan dilihat audien. Kalau memungkinkan rekam suara ke dalam kaset atau video. Setelah itu, dengarkan dan tonton. Perhatikan bagian yang perlu diperbaiki.

Insya Allah dapat membantu.

disadur dari catatan teman baik saya Herizal Alwi

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus